Penyebab Radang Gusi

Penyebab Radang Gusi –¬†Penyakit radang gusi adalah salah satu gangguan yang terjadi pada mulut, radang gusi merupakan peradangan yang terjadi pada gusi. Penyakit yang satu ini baiknya segera anda obati, walaupun penyakit radang gusi bukanlah penyakit yang berbahaya. Sebagian besar dari kasus penyakit tersebut, radang gusi merupakan penyakit dalam kondisi yang ringan hingga menengah jadi ada baiknya jika anda mengalami hal tersebut segera diobati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.

Karena jika penyakit radang gusi dibiarkan begitu saja maka, radang gusi tersebut dapat berpotensi untuk berkembang menjadi priodontitis. Dengan terjadinya komplikasi yang terbilang serius ini adalah inflamasi yang terjadi pada jaringan gusi dalam dan tulang yang pada umumnya berujung gigi yang tanggal.

Penyebab Radang Gusi

Penyebab Radang Gusi

Periodontitis adalah serangkaian penyakit inflamasi yang akan mempengaruhi periodonsium yaitu yang dimana jaringan yang umumnya mengelilingi serta mendukung gigi. Periodontitis akan melibatkan hilangnya progresif dari tulang alveolar pada sekitar gigi, dan apabila tidak segera di obati maka dapat menyebabkan melonggarnya  dan hilangnya gigi. Periodontitis biasanya disebabkan oleh mikroorganisme yang mematuhi dan tumbuh di permukaan gigi, bersamaan dengan respon imun yang akan lebih agresif, agresif terhadap mikroorganisme.

Gejala Radang Gusi

Umumnya penyakit radang gusi ini tidak menyebabkan rasa sakit sehingga banyak pasien yang tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami radang gusi. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih mewaspadai beberapa gejala-gejala umum dari penyakit radang gusi yang kemungkinan dapat terjadi. Antara lain :

  1. Gusi menjadi bengkak
  2. Perubahan pada warna gusi yang berubah menjadi merah
  3. Gusi akan rentan mengalami pendarahan, seperti ketika menggosok gigi
  4. Bau mulut

Jika anda sudah mengalami beberapa gejala tersebut maka segeralah untuk periksakan kondisi kesehatan gigi dan gusi anda, sehingga akan dapat cepat di lakukan penanganan.

Untuk menghindari penyakit radang gusi tersebut, cobalah cari tahu penyebab radang gusi yang mungkin dapat menjadi pemicu munculnya radang gusi. Berikut ini ada beberapa penyebab radang gusi yang menjadi pemicu munculnya radang gusi, dengan anda mengetahui penyebab radang gusi di harapkan terhindari dari masalah radang gusi tersebut.

Penyebab Radang Gusi dan Faktor Resiko

Penyebab radang gusi yang paling utama adalah adanya penumpukan plak pada gigi. Umumnya plak akan terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi anda. biasanya lapisan yang kasat mata akan dapat hilang dengan hanya menggosok gigi. Namun jika hal tersebut dibiarkan begitu saja menempel pada gigi selama lebih dari 28 jam, maka plak tersebut akan mengeras serta akan membentuk karang gigi yang hanya dapat dibersihkan atau dihilangkan oleh dokter gigi.

Penyakit radang gusi dapat di alami oleh siapa saja, dan berikut ini ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk dapat terkena penyakit radang gusi ini, seperti pada :

  • Kurangnya menjaga kesehatan mulut, seperti dengan malas menyikat gigi
  • Menggunakan gigi palsu yang tidak pas
  • Kekurangan nutrisi
  • Kebiasaan merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk lain, seperti dengan kebiasaan mengunyah tembakau. Tentunya dengan melakukan kebiasaan ini akan menyebabkan jaringan gusi akan mengalami kesulitan untuk beregenerasi.
  • Faktor usia
  • Mengidap penyakit diabetes, tentu dengan adanya penyakit ini dapat meningkatkan resiko terkena infeksi.
  • Mempunyai kekebalan tubuh yang menuru, seperti akibat dari terkena HIV atau kemotrapi.
  • Perubahan hormon, seperti sedang terjadi masa pubertas atau masa kehamilan
  • Pengaruh dari jenis obat-obatan tertentu, karena ada beberapa obat yang dapat menurunkan produksi air liur
  • Dan faktor lain karena penggunaan obat-obatan terlarang

Nah itulah penyebab radang gusi dan faktor resiko bagi mereka yang dapat terkena penyakit radang gusi. Lalu bagaimana kita mengetahui bahwa terkena penyakit radang gusi tersebut? untuk mengetahui kita terkena atau tidaknya radang gusi, kita dapat melakukan diagnosa dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Diagnosa Dan Pengobatan Radang Gusi

Proses untuk mendiagnosis penyakit radang gusi biasanya dokter akan mengawali dengan menanyakan gejala-gejala yang sedang anda alami. kemudian dokter akan segera melakukan pemeriksaan kesehatan gusi dan gigi anda untuk memastikan kondisi gusi yang bengkak atau berubahan warna merah sekaligus memeriksa keberadaan plak atau karang gigi.

Apabila penyebab radang gusi tersebut karena adanya plak atau karang gigi, maka dokter akan menanganinya dengan sesegera mungkin untuk mencegah terjadinya komplikasi. Biasanya langkah seperti di lakukan dengan cara membersihkan plak dan karang gigi secara seksama oleh dokter. Sedangkan jika radang gusi disebabkan oleh gigi yang berlubang atau gigi palsu yang rusak, maka dokter akan penambalan dan perbaikan agar kesehatan mulut pasien tetap terjaga. Dalam proses pemeriksaan kesehatan mulut dan pembersihan gigi biasanya dokter akan menyerankan dilakukan secara rutin.

Itulah penyebab radang gusi, berikut dengan diagnosa dan pengobatan yang mungkin dapat membantu anda untuk mengatasi penyakit radang gusi yang mungkin saat ini sedang anda alami, semoga bermanfaat.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Radang Gusi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>