Penyakit Radang Gusi

Penyakit Radang Gusi – Gusi Berdarah adalah salah satu dari sederet tanda-tanda radang gusi atau Gingivitis. Radang gusi atau dalam bahasa ilmiah di sebut dengan Gingivitis biasanya ditandai dengan gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah akibat sentuhan ringan.

Penyakit Radang Gusi

Gingivitis biasanya disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut sehingga terbentuk plak atau karang gigi di bagian gigi yang berbatasan dengan tepi gusi. Plak dan karang gigi mengandung banyak bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada gusi. Bila kebersihan mulut tidak diperbaiki, gingivitis akan bertambah parah dan berkembang menjadi periodontitis.

Penyakit Radang Gusi

Penyakit Radang Gusi

Gingivitis biasanya disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut sehingga terbentuk plak atau karang gigi di bagian gigi yang berbatasan dengan tepi gusi. Plak dan karang gigi mengandung banyak bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada gusi. Bila kebersihan mulut tidak diperbaiki, gingivitis akan bertambah parah dan berkembang menjadi periodontitis.

Tapi Penyakit Radang Gusi juga dapat disebabkan oleh penyakit sistemik. Contohnya pada pasien penderita leukemia dan penyakit Wegner yang cenderung lebih mudah terkena gingivitis. Pada orang dengan penyakit diabetes atau penyakit HIV Aids, adanya gangguan pada sistem imunitas (kekebalan tubuh) menyebabkan kurangnya kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri pada gusi.

Perubahan hormonal pada masa kehamilan, pubertas, dan pada terapi steroid juga menyebabkan gusi lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Pemakaian obat-obatan pada pasien dengan tekanan darah tinggi dan paska transplantasi organ juga dapat menekan sistem imunitas sehingga infeksi pada gusi lebih mudah terjadi.

Gejala Penyakit Radang Gusi

Gusi tampak bengkak, kemerahan, lunak, dan mudah berdarah pada saat menyikat gigi atau penggunaan dental floss. Gingivitis juga dapat menyebabkan bau mulut (halitosis).

Kebanyakan orang ada yang menyepelekan atau meremehkan penyakit radang gusi. Mereka menganggap enteng mengenai sariawan dan juga penyakit rongga mulut yang lain misalnya adalah seperti bau mulut, masalah gusi berdarah dan sakit gigi berlubang. Biasanya luka yang terjadi pada mulut memang tidak dalam. Jika tidak disertai dengan adanya komplikasi yang terjadi akibat infeksi kuman yang lebih ganas lagi, penyakit sariawan biasanya akan sembuh dengan sendiri dan tanpa meninggalkan bekas. Infeksi penyakit ini biasanya diawali dengan gelembung yang berisi dengan cairan di dalam mulut. Dan kemudian gelembung tersebut akan pecah dan akan membentuk luka yang akan terasa sangat nyeri.

Padahal, salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya suatu hubungan yang erat dengan bertumpuknya bakteri di dalam rongga mulut dengan jenis penyakit berat yang lainnya misalnya adalah penyakit diabetes, serangan jantung, infeksi pada darah, hinga masalah soal berat badan pada bayi yang tidak ideal. Radang gusi yang juga dianggap sebagai salah satu faktor pencetus penyakit gigi tanggal serta terjadinya kerusakan pada jaringan penyangga gigi. Dan kemudian semakin lama plak serta bakteri yang ada di dalam gigi akan mengakibatkan terjadinya radang gusi.

Selain itu, radang gusi juga bisa mengakibatkan terjadinya resesi gusi atau juga menjadi suatu penyebab dari permukaan yang terbuka pada akar akibat suatu perubahan pada posisi gusi menuju ke daerah akar. Kebiasaan dari menyikat gigi yang salah adalah yang terlalu keras dan juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan pada gusi sehingga akan membuat gigi Anda menjadi lebih senstif.

Pengobatan Radang Gusi

Karena gusi yang tidak sehat biasanya akan lebih rentan dalam menimbulkan terjadinya berbagai masalah kesehatan. Pengobatan yang dilakukan pada penyakit radang gusi  adalah dnegan melakukan :

  1. Scalling
    Scalling merupakan salah satu tindakan pembersihan plak dan juga bagian kalkulus. Hal ini mutlak harus dilakukan dalam membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab dari radang gusi. Dan kemdian jika sudah di scalling maka sebaiknya adalah dengan melakukan kontrol yang dilakukan 1-2 minggu dan setelahnya untuk membantu melihat apakah ada suatu perbaikan dari gusi.

Pencegahan penyakit radang gusi yang bisa dilakukan adalah :

  1. Bersihkan karang gigi yang rutin dilakukan paling tidak 6 bulan sekali. Dan karang gigi yang mengalami penumpukkan adalah salah satu jalan dari penyebab radang bakteri, karena hal ini akan mengakibatkan terjadinya sarang berjuta bakteri.
  2. Segera melakukan penambalan pada sakit gigi berlubang karena lubang tadi akan beresiko dalam menyebabkan terjadinya perkembangbiakan pada bakteri yang mejnadi penyebab dari terjadinya infeksi pada gusi.
  3. Jika mengonsumsi obat antibiotik dalam membantu mengatasi masalah radang gusi, maka sebaiknya lakukan sesuai dengan hal yang dianjurkan oleh dokter. Jika tidak, maka bakteri penyebab dari infeksi biasanya akan semakin lebih kebal lagi dan bisa dengan lebih mudah membuat gusi menjadi terkoyak atau robek.

Pengobatan Radang Gusi

1. Cara Pertama

Bahan-Bahan :

– Daun bayam duri secukupnya

Cara Pemakaian :

– Daun bayam duri di cuci bersih lalu dibakar
– Kemudian tumbuk hingga halus menjadi seperti bubuk
– Lalu oleskan pada gusi yang sakit

2. Cara Kedua

Bahan-Bahan :

– Kulit batang tanaman andong secukupnya
– 1/2 sendok teh garam

Cara Pemakaian :

– Kikis kulit batang tanaman andong
– Lalu dicuci bersih
– Kemudian tambahkan 1/2 sendok teh garam
– Setelah itu oleskan ke gusi yang sakit

Penyakit Radang Gusi

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Radang Gusi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Radang Gusi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>