Penyakit Radang Gusi (Gingivitis)

Penyakit Radang Gusi (Gingivitis) – Bagian mulut yang penting diperhatikan kesehatannya bukan hanya gigi, tetapi juga gigi. Kesehatan dan kebersihan gusi perlu di perhatikan juga agar selalu sehat, sebab fungsi gusi juga sangat penting yaitu untuk menopang seluruh gigi yang ada, jadi apabila gusi bermasalah parah bisa menyebabkan gigi keropos juga. ada penyakit yang bisa menyerang gusi juga yaitu penyakit radang gusi. Penyakit radang gusi atau dalam istilah medis dikenal juga dengan Gingivitis. Peradangan pada gusi yang menyebabkan gusi bengkak sampai gusi berdarah bisa terjadi, sebab ada jaringan pada gusi yang mengalami inflamasi. Kesehatan gusi yang tidak dijaga dengan baik maka efeknya akan menyebabkan kerusakan pada gusi juga. untuk mengetahui apakah mengalami radang gusi atau tidak bisa di lihat kondisi gusi. Untuk gusi yang sehat maka warnanya merah muda, dan juga kencang, dan kondisi sebaliknya apabila radang gusi terjadi atau kesehatan gusi sedang kurang baik. radang gusi bisa dialami oleh siapa pun, dari segala usia.

Penyebab Penyakit Radang Gusi (Gingivitis)

Inflamasi pada gusi dan menyebabkan peradangan bisa disebabkan oleh infeksi. infeksi bakteri bisa menyebabkan radang gusi (Gingivitis) terjadi. maka dari itu ada beberapa faktor penyebab dan pemicu adanya radang gusi yang perlu diketahui. Dibawah ini beberapa faktor penyebab dan yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit radang gusi :

gusiiii

  • Plak gigi

Penyebab penyakit radang gusi (Gingivitis) yang paling sering ialah plak gigi. Adanya plak gigi pada lapisan gigi yang tidak dibersihkan akan memicu infeksi pada gigi, lalu akan menjalar juga ke bagian gusi. Karena itu penumpukan plak gigi bisa menjadi faktor penyebab penyakit radang gusi terjadi.

  • Tidak membersihkan gigi dengan baik

Adanya plak gigi yang terlalu banyak memang bisa menyebabkan penyakit radang gusi (Gingivitis). Tetapi ada juga pemicu lainnya yaitu karena tidak dibersihkan dengan baik. plak gigi awalnya lapisan bening dan licin yang menempel pada gigi, tetapi lama kelamaan akan mengeras bahkan bisa menjadi karang. Maka dari itu apabila gigi tidak dibersihkan maka akan menyebabkan kotoran atau plak pada gigi menumpuk dan memicu penyakit radang gusi (Gingivitis).

  • Rokok

Pemicu penyakit radang gusi (Gingivitis) bisa dikarenakan rokok, sebab tembakau yang terdapat pada rokok ketika di hisap akan menurunkan produksi air liur. Bakteri lebih rentan untuk menginfeksi mulut, termasuk gigi dan gusi ketika air liur hanya sedikit. untuk itu para perokok aktif memiliki risiko tinggi untuk menderita penyakit radang gusi (Gingivitis).

  • Kurang vitamin

Penyakit radang gusi (Gingivitis) juga bisa terjadi karena disebabkan oleh kurang asupan vitamin, khususnya dengan vitamin C. jadi jika asupan makanan yang di konsumsi sehari hari kurang memenuhi kebutuhan vitamin pada mulut maka efeknya akan menyebabkan penyakit radang gusi semakin tinggi, bahkan juga memicu sariawan.

  • Efek samping obat

Peradangan pada gusi yang menyebabkan terjadinya penyakit radang gusi (Gingivitis) pun bisa dikarenakan oleh efek samping obat. efek samping dari obat obatan tertentu khususnya pada jenis obat yang membuat mulut kering sebab produksi air liur akan menurun dan juga pada jenis obat terlarang.

  • Kekebalan tubuh lemah

Penyakit radang gusi (Gingivitis) juga lebih rentan terjadi ketika kekebalan tubuh lemah. Kondisi tubuh yang lemah lebih rentan di infeksi sehingga kemungkinan untuk menderita penyakit radang gusi akan semakin besar.

  • Usia

Yang juga lebih rentan untuk mengalami penyakit radang gusi (Gingivitis) ialah usia. Usia semakin tua lebih rentan sebab kekebalan tubuhnya pun yang semakin lemah.

  • Hormon

Ada pun faktor dari hormon yang juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit radang gusi (Gingivitis), jadi ketika hamil dan juga peningkatan hormon di saat puber adalah masa yang rentan untuk terjadi penyakit radang gusi.

Ciri Ciri Penyakit Radang Gusi (Gingivitis)

Tidak semua penyakit radang gusi (Gingivitis) menyebabkan rasa sakit, jadi banyak yang tidak langsung menyadari radang gusi. Tetapi ada beberapa ciri ciri penyakit radang gusi (Gingivitis) yag akan muncul, seperti di bawah ini :

  • Gusi yang bengkak.
  • Perubahan warna gusi menjadi merah.
  • Gusi yang rentan mengalami pendarahan, misalnya saat menyikat gigi.
  • Bau mulut.

Penanganan Penyakit Radang Gusi (Gingivitis)

Penyakit radang gusi (Gingivitis) bisa diobati mandiri, atau tanpa penanganan medis di rumah sakit. penanganan mandiri penyakit radang gusi bisa dengan cara seperti berikut :

  • Untuk menangani penyakit radang gusi (Gingivitis) bisa dengan menjaga kebersihan mulut serta gigi dengan baik, karena penyebab terbesar dari infeksi yang diawali dengan keadaan gigi yang kurang bersih. Jadi sikat gigi, flossing atau membersihkan dengan benang, dan juga dengan berkumur sehingga seluruh bakteri akan hilang.
  • Penanganan penyakit radang gusi (Gingivitis) juga bisa dengan mengkonsumsi vitamin c. sebab dengan vitamin c akan membangkitkan kekebalan tubuh yang lemah jadi masalah pada kesehatan gusi bisa cepat membaik. Air jeruk bisa di konsumsi sebab mengandung vitamin c tinggi, atau bisa juga dengan madu.
  • Makan makanan yang sehat, banyak mengandung buah serta sayuran pun juga bisa membantu mengatasi penyakit radang gusi (Gingivitis) secara alami. (By:RM)

Penyakit Radang Gusi (Gingivitis)

Cara Beli Dr Dental Care Liquid

Dr Dental Care Liquid Obat Kumur Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut, dan lainnya

Harga Dr Dental Care Liquid

Harga Dr Dental Care Liquid Obat Radang Gusi

Harga Dr Dental Care Liquid 1 Botol isi 250ml = Rp.250.000,-

Cara Pemesanan Cepat Dr Dental Care Liquid:

SMS ke 0852-1617-3268 , tuliskan : Pesan Dr Dental Care Liquid, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap, Pembayaran Anda via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Kumur Herbal Untuk Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut dan Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Radang Gusi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.