Cara Mengobati Radang Gusi

Cara Mengobati Radang Gusi – Gingivitis atau peradangan pada gusi, masalah periodontal yang paling umum terjadi adalah penyakit peradangan reversibel yang dimulai pada sebagian besar anak-anak di usia sangat dini dan paling sering berkaitan dengan pembentukan plak gigi. Perubahan yang terjadi pada plak bakteri, baik jenis dan jumlah organisme, keduanya menyebabkan pelepasan berbagai eksotoksin destruktif, enzim-enzim, dan agens berbahaya lainnya. Organisme-organisme tersebut mengakibatkan reaksi peradangan pada jaringan gusi, menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, nyeri tekan dan mudah berdarah pada iritasi yang ringan.

Cara Mengobati Radang Gusi

Cara Mengobati Radang Gusi

Radang Gusi

Penanganan diarahkan pada pencegahan dengan menyikat gigi dan membersihkan sela gigi secara cermat, termasuk menggunakan zat flourida.

Penyebab Radang Gusi

  • Kesalahan pada waktu menyikat gigi. Deposit plak mengandung bakteri dan toksin yang menyebabkan gusi bengkak dan terinfeksi.
  • Terlalu keras menyikat gigi
  • Gusi yang teriritasi disebabkan oleh ketidaksempurnaan gigi, bagian tepi bergelombang, kotornya denture, bridge, dan crown.
  • Nutrisi buruk, terutama pada defisiensi vitamin C dan vitamin B.
  • Penyakit Diabetes tidak terkontrol dan kehamilan, disebabkan oleh perubahan hormonal yang meningkatkan sensitivitas gusi
  • Efek samping obat, seperti antikonvulsan (terutama fenitoin dan barbiturat)

Cara Mengobati Radang Gusi

1. Cara Mengobati Radang Gusi Pertama

Bahan-Bahan :

– Daun picisan secukupnya

Cara Pemakaian :

– Cuci daun picisan sampai bersih
– Lalu kunyah daun picisan , biarkan menetap agak lama pada bagian gusi yang meradang
– Kemudian buang ampasnya
– Lakukan 4 kali sehari sampai sembuh

2. Cara Mengobati Radang Gusi Kedua

Bahan-Bahan :

– 5 butir biji jambu mede kering
– 1/4 sendok teh madu

Cara Mengobati Radang Gusi Pemakaian :

– Gongseng biji jambu mede kering sampai menguning
– Lalu giling sampai halus dan menjadi serbuk
– Ambil 1 sendok teh serbuk kacang mede tersebut
– Kemudian tambahkan madu, aduk sampai rata
– Setelah itu bubuhkan ramuan ini pada bagian gusi yang meradang

Komplikasi Radang Gusi

Penyakit radang gusi sebaiknya jangan disepelekan. Karena penyakit radang gusi bisa mengakibatkan terjadinya infeksi yang akan masuk lewat pembuluh darah dan kemudian akan merusak ke bagian organ tubuh manusia yang penting lainnya misalnya adalah pada jantung, paru-paru, otak serta mata. Jika infeksi yang terjadi masuk ke dalam rongga jantung maka bisa mengakibatkan terjadinya penyakit jantung dan hal ini sudah terbukti. Selain itu, jika radang gusi tersebut menginfeksi ke bagian paru-paru maka bisa menyebabkan terjadinya penyakit TBC. Dan kemudian jika infeksi menyerang ke mata maka akan membuat terjadinya gangguan pada penglihatan. Selain itu jika infeksi tadi masuk ke otak maka bisa saha menimbulkan terjadinya radang selaput otak atau meningitis.

Pengobatan yang dilakukan pada penyakit radang gusi adalah dengan cara minum obat antibiotik. Jika penyebab dari radang gusi adalah akibat obat-obatan, maka pertumbuhan dari gusi biasanya harus segera diangkat lewat tindakan operasi. Namun jika penyebabnya adalah karena kurang mengonsumsi vitamin C dan juga niasin, maka biasanya penanganan dilakukan dengan memberikan vitamin tambahan. Dan jika membantu mengurangi rasa ketidaknyamanan disaat Anda sedang makan atau minum, maka biasanya bisa diatasi dengan memberikan obat kumur anestetik.

Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi dalam mendapatkan penanganan scalling atau pembersihan karang gigi yang biasanya harus dilakukan selama 3-6 bilan sekali. Selain itu, selain melakukan scalling, maka Anda juga bisa melakukan scerentase, pembersihan pada kuman yang bisa mengakibatkan terjadinya radang gusi yang ada di bagian akar gigi. Cara yang lain adalah dengan melakukan penanganan untuk membantu mencegah terjadinya radang gusi, misalnya adalah dengan melakukan root planing. Root planning merupakan salah satu usaha dalam membantu menghaluskan bagian permukaan akar gigi untuk membantu mengeluarkan bagian gigi yang bersifat nekrotik atau bersifat tidak segar. Melakukan root planning dengan cara pembersihan pada jaringan yang bisa merusak bagian gigi bisa menyebabkan terjadinya radang gusi.

Dan sementara, pencegahan radang gusi yang dilakukan dengan sederhana dan lebih efisien adalah dengan cara menggosok gigi secara teratur dan rutin. Menggosok gigi dengan benar dan juga teratur biasanya dilakukan 2 kali dalam sehari. Anda harus membersihkan rongga mulut paling tidak setiap 3-6 bulan sekali.

Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Karena buah-buahan ini mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa membentuk sistem kekebalan tubuh. Sumber dari vitamin C yang alami banyak terkandung di dalam buah-buahan yang masih segar misalnya adalah seperti buah kiwi, jambu biji, buah jeruk, buah tomat, buah sirsak dan juga buah mangga.

Sebaiknya Anda juga mencukupi kebutuhan Anda dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C tinggi misalnya adalah seperti brokoli. Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan, sayuran brokoli bisa membantu menegah dari terjadinya infeksi dan salah satunya adalah karena infeksi penyebab dari radang gusi serta bisa membantu proses penyembuhan luka agar lebih cepat lagi. Sebaiknya hindarilah merokok karena radang gusi akan menjadi semakin parah kondisinya. Dan hal yang paling penting adalah jangan lupa mencukupi kebutuhan asupan cairan seperti air putih. Minumlah 2 liter dalam sehari.

Itulah informasi mengenai radang gusi dan cara mengobati radang gusi, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Cara Mengobati Radang Gusi


=====================================

>>> Obat Kumur Herbal Untuk Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut dan Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Radang Gusi and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *